Saturday, January 5, 2013

Teknologi Bioproses dan Penerapannya

Teknologi Bioproses diprediksi memiliki peranan yang penting dimasa depan. Sebagai contoh dalam bidang pangan, farmasi(obat-obatan), energi, kedokteran,pertanian, maupun pengolahan limbah berbahaya(bioremediasi). Peran Teknologi Bioproses dalam bidang-bidang tersebut merupakan peluang yang bisa dikembangkan untuk memnuhi kebutuhan manusia kini dan dimasa mendatang.

Biofuel (Bahan bakar yang berbasis hayati)

Biofuel merupakan sumber energi yang saat ini sedang dikembangkan oleh para ilmuwan. Biofuel dikenal sebagai sumber energi yang ramah terhadap lingkungan dan jumlahnya sangat melimpah, berbeda dengan fossilfuel(bensin,minyak tanah) selain tidak ramah terhadap lingkungan, yakni menghasilkan emisi gas buangan yang berdampak pada udara, jumlahnya juga dikhawatirkan terbatas karena sumber dari fossilfuel berasal dari minyak bumi yang notabene akan habis jika diambil terus menerus. Sementara itu, biofuel sendiri dihasilkan dari bahan-bahan organik seperti limbah pertanian dan tumbuh-tumbuhan. Beberapa contoh biofuel adalah Bioetanol, Biohidrogen, Biogas dan lain-lain. 

Bioplastik

Bioplastik merupakan salah satu teknologi yang ramah lingkungan. Berbeda dengan plastik pada umumnya yang terbuat dari petrokimia(minyak bumi), Bioplastik terbuat dari bahan-bahan yang biodegredable(mudah diurai) seperti  polimer alam dan pati. Dalam perkembangannya, teknologi pengadaan Bioplastik adalah suatu kebutuhan dimasa yang akan datang. Hal ini karena sifatnya yang ramah lingkungan tersebut sehingga tidak mencemari lingkungan. Jika plastik petrokimia membutuhkan waktu beratus-ratus tahun untuk dapat terurai dengan baik. Bioplastik hanya membutuhkan waktu sekitar 80 hari untuk dapat diurai secara sempurna sehingga diharapkan dapat mengurangi volume sampah plastik yang ada.

Industri Sterilisasi Alat-Alat Medis Rumah Sakit

Teknologi Bioproses berkaitan erat dengan hal pengendalian mikroorganisme. Disaat tertentu keberadaan mikroorganisme dapat merugikan terhadap kesehatan manusia seperti halnya jika terdapat pada alat-alat medis di rumah sakit yang notabene harus steril (bersih). Untuk itu, sebelum atau sesudah alat medis tersebut digunakan, maka perlu dilakukan proses sterilisasi untuk mematikan seluruh bakteri yang ada. Metode sterilisasi ini akan dipelajari khususnya dalam Teknologi Bioproses. Sementara itu, industri alat sterilisasi ini sangat diperlukan mengingat begitu pentingnya sterilisasi alat medis agar aman saat digunakan. 


Bioremediasi (Teknologi Pengolahan Limbah)

Saat ini, pemanfaatan mikroorganisme sudah dilakukan pada berbagai macam bidang, dari mulai pangan sampai kepada pengolahan limbah. Mikroorganisme seperti bakteri dapat mendegradasi limbah pencemar yang ada. Salah satu contoh pengaplikasiannya adalah bakteri pendegradasi minyak bumi. Limbah minyak bumi yang tumpah ke laut dapat dikurangi volumenya dengan menggunakan bakteri pendegradasi ini sehingga tingkat pencemaran dapat dikendalikan.






No comments: